Tuesday 17 March 2015

Apa itu Bakteri ???

      Dalam kehidupan sehari-hari pernah kah anda melihat 'Tape'. hahah ada-ada aja masa gak pernah lihat Tape sih. ok langsung ke pembahasan, tape adalah salah satu makanan olahan . Nah dalam pembuatannya terdapat Bakteri yang sangat berperan penting di dalamnya, nama bakterinya ialah Acetobacter aceti. Terus kok bisa dimakan yah ??, begini sob bakteri tidak semuanya menmbulkan penyakit tetapi ada juga bakteri yang baik untuk di konsumsi dan pastinya tidak terjangkit penyakit sob. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak apa sih Bakteri itu ???.


BAKTERI
     
       Bakteri adalah organisme bersel tunggal yang hidup bebas dan mampu bereproduksi sendiri tetapi menggunakan hewan sebagai pejamu untuk mendapatkan makanan. Bakteri tidak memiliki Inti Sel. yang terdiri dari sitoplasma yang dikelilingi oleh sebuah dinding yang kaku yang terbuat dari suatu zat khusus yang disebut peptidogligan. Bakteri dapat bersifat Aerob atau anaerob.

Contoh : Penyakit pada tubuh manusia yang di sebabkan oleh Bakteri : (Corwin : 2009,Ed 3)
a. Infeksi  stafilokokus / streptokokus
b. Gonore
c. Sifilis
d. Kolera
e. Sampar
f. Salmonelosis
g. Sigelosis
h. Demam tifoid
i. Penyakit legionaaire
j. Tetanus

Suatu sub bakteri yang sulit diterapi adalah Mikobakteri. mikroorganisme ini yang merupakan penyebab penyakit Tuberkulosis dan Lepra.







Selamat membaca dan semoga bermanfaat....

 

2 comments: