Friday 27 March 2015

Mengenal GINJAL pada Manusia !!!

    Salam, teman - teman , Admin akan memberi gambaran sedikit apa itu Ginjal , nah terkadang banyak orang tidak tahu apa itu Ginjal ???. nah kali ini Admin akan membahas sedikit tentang Ginjal yang pastinya Ginjal manusia dong. Ok langsung aja kita ke TKP!!


GINJAL
 
    Ginjal manusia normal berjumlah 2 buah,  nah kedua ginjal tersebut mengandung kira - kira 2.400.000 Nefron dan tiap Nefron dapat membentuk Urine (Air Kencing )sendiri. Pada dasarnya nefron terdiri dari suatu gromerulus.

    Bagian umum Ginjal yaitu Kortex dan Medulla.

    Ekskresi Obat dari tubuh yang paling utama melaluli ginjal ke dalam Urine. Proses Ekskresi melalui ginjal meliputi filtrasi plasma melalui glomerulus, sekresi aktif dengan mekanisme transport aktif dari darah ke dalam filtrat glomerular melalui epitel tubular, pada keadaan kerusakan ginjal biasanya filtrasi melalui glomeruli akan berkurang.

    Proses Urinaria, darah memasuki daerah Glomerulus dari arteriol eferen dan kemudian, meninggalkannya melalui arterial eferen. Glomerulus merupakan suatu jalinan dari sampai 50 kapiler sejajar yang dilapisi oleh sel - sel epitel. Tekanan darah di dalam glomerulus menyebabkan cairan difiltrasikan ke dalam capsula bowman. Dan disitu ia mengalir petama ke dalam tubulus proksimalis. Dari sini cairan tersebut mengalir disebut nefron jukstamedular, dan mereka mempunyai ansa henle turun kebawah, ke medula ginjal , sekitar sepertiga sampai seperlima ansa henle menembus jauh ke dalam medula.  Bagian bawah ansa tersebut mempunyai dinding sangat tipis dan oleh karena itu disebut segmen tipis angsa henle. Dari ansa henle cairan tersebut mengalir melalui tubulus distalis. Akhirnya cairan tersebut mengalir ke dalam tubulus ( duktus ) koligens, yang mengumpulkan cairan dari beberapa nefron. Duktus koligens berjalan dari korteks kembali ke bawah melalui medula, sejajar dengan ansa henle. Kemudian bermuara ke dalam pelvis ginjal.
    Ketika filtrat mengalir melalui tubulus tersebut, kebanyakan air dan berbagai zat yang terlarut didalamnya diadsorbsi ke dalam kapiler peritubulus dan sejumlah kecil solut lain disekresikan ke dalam tubulus. Air solut tubular yang tersisa menjadi urine.











sekian dan terimakasih salam.


   

No comments:

Post a Comment