Friday 27 March 2015

Pusat Pengatur Suhu pada Manusia !!!

    Salam, teman -teman kali ini Admin datang lagi ini heheh untuk sekedar berbagii Ilmu , jadi Admin berharap Ilmu ini bermanfaat banyak untuk teman - teman. nah untuk teman - teman pernah  tidak membayangkan kenapa suhu tubuh kita dapat berubah - ubah, terkadang panas dan terkadang dingin, nah kalau belum mari sama - sama di bahas Check.!!!



HIPOTALAMUS

    Hipotalamus apa yah.???, nah inilah yang saya maksdukan tadi teman - teman, Hipotalamus adalah Pusat pengaturan suhu., disini terdapat reseptor suhu, mencatat suhu tubuh. Hipotalamus memperoleh informasi tambahan dari reseptor suhu kulit sumsum tulang belakang. Dipusat pengaturan suhu dari Hipotalamus suhu tubuh sesungguhnya dibandingkan dengan suhu tubuh ideal. Jika terjadi penyimpnagan akan di atur. Jika suhu tubuh meningkat di atas nilai Ideal, maka aliran darah kulit dan demikian pengangkutan panas dari rongga tubuh menuju kulit meningkat, disini volume darah/waktu tidak hanya mengangkut lebih banyak panas/waktu tetapi juga menurunkan pertukaran aliran balik panas antara arteri dan vena. selain itu aliran baik vena dari vena yang lebih dalam dialihkan ke vena permukaan. Selain itu sekresi keringat ditingkatkan yang mendinginkan permukaan kulit sehingga menghasilkan gradien temperatur yang penting untuk pembebasan panas.


    Jika suhu tubuh menurun di bawah suhu ideal, maka tidak hanya pemberian  panas dihambat tetapi produksi panas juga dinaikkan; mekanisme utamanya adalah pergerakan tubuh dan tubuh yang gemetar. Suhu tubuh bayi yang baru lahir sangat mudah menurun karena perbandingan antara luas permukaan dan volume tubuh besar. Di sini pembentukan panas tanpa terjadi gemetar ( dalam jaringan lemak ) adalah kemungkinan lain pengaturan suhu. pengaturan ini terjadi melalui reseptor dingin di kulit pada saat lingkungan lebih dingin, sebelum suhu dalam tubuh menurun.


    Dan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur suhu di dalam tubuh adalah Termometer.






Sekian Admin selamat membaca dan semoga bermanfaat. Terimaksih


No comments:

Post a Comment