Sunday 22 March 2015

Perbedaan Volume, Massa, dan Gaya

    Salam, Teman- teman , kali ini Admin akan memberi sedikit info tentang Volume, Massa, dan Gaya , Bicara soal ketiga Topik yang akan kita bahas ini pasti tidak jauhlah dari yang namannya Pelajaran Fisika. baiklah langsung saja kita Check!!


VOLUME

    Volume adalah Besaran terukur volume juga ditrurunkan dari panjang. Standar pembandingnya adalah meter kubik; satuan cgsnya adalah satu per sejuta dari nilai ini, atau 1 sentimeter kubik. Volume awalnya didefinisikan dalam istilah Liter, yaitu volume 1 kilogram (Kg) air pada tekanan 1 atmosfer (atm) dan suhu 4oC, dan diartikan sama dengan 1000 cm3. Namun, karena kegagalan mengoreksi udara yang terlarut dalam air, kedua satuan ini tidak sebanding secara tepat. Setelah dihitung, ternyata 1 liter sama dengan 1000,027 cm3. Karena itu terdapat perbedaan antara milliliter (1/1000 liter) dan sentimeter kubik, tetapi perbedaan ini sangat kecil sehingga dapat diabaikan dalam praktik kimia umum dan farmasi.



MASSA

    Satuan standar massa adalah kilogram. Kilogram adalah massa balok platinum-iridium yang disimpan di Bureau of Weights and Measures. Satuan praktis massa dalam sistem cgs adalah gram (g), yaitu 1/1000 dari 1 kilogram. Massa sering dinyatakan sebagai berat suatu benda.



GAYA
 
    Dalam kehidupan sehari - hari, kita akrab dengan istilah gaya, yaitu dorongan atau tarikan yang dibutuhkan untuk menggerakkan suatu benda. Semakin besar massa benda dan semakin besar percepatan yang dibutuhkan,semakin besar gaya yang harus dikeluarkan seseorang. karena itu, gaya berbanding lurus dengan massa (jika percepatan tetap) dan berbanding lurus dengan percepatan (jika massa tetap).




Daftar Pustaka
    Sinco,j. Patrick.2014. MARTIN Farmasi Fisika dan Farmasetika, EGC : Jakarta.








Sekian dulu dari Admin semoga bermanfaat , selamat membaca.!!

No comments:

Post a Comment